8 Tips Naik Pesawat Anti Mabuk, Bikin Perjalanan Makin Nyaman!

Tips Naik Pesawat Anti Mabuk
Tips Naik Pesawat Anti Mabuk/ Pixabay: Ryan McGuire 

Pesawat Kertas- Tips naik pesawat anti mabuk banyak dicari oleh sebagian orang. Mabuk selama perjalanan memang bikin nggak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara efektif yang bisa sobat lakukan untuk mencegahnya. Yuk simak artikelnya sampai selesai, ya. 

8 Cara Mencegah Mabuk Saat Naik Pesawat

1. Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Cara pertama agar tidak mabuk saat naik pesawat adalah memilih tempat duduk yang tepat. Buat sobat yang sering mabuk, sebaiknya pilih tempat duduk di kursi tengah atau di atas sayap. Posisi ini biasanya memberikan guncangan yang lebih stabil daripada duduk di depan atau belakang.

2. Beristirahatlah dengan Nyaman

Tubuh yang tegang dan kelelahan dapat berpengaruh pada sensitivitas gerakan yang bisa memicu mabuk saat penerbangan. Jadi, istirahatlah dengan cukup sebelum berangkat untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan. Selain itu, saat berada di pesawat usahakan untuk beristirahat dengan nyaman. Sobat bisa menggunakan bantal leher dan selimut untuk membantu kamu cepat tertidur. 

3. Distraksi Pikiran 

Salah satu faktor mabuk perjalanan adalah dari pikiran kita sendiri. Nah, sobat bisa mengalihkan perhatian dari sensasi mabuk dengan bermain game, membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Aktivitas ini dapat membantu kamu jadi lebih nyaman selama perjalanan, ya. 

4. Hindari Makanan Berat

Sebaiknya sobat menghindari makanan berat atau berbau menyengat sebelum atau selama penerbangan. Untuk mengurangi resiko mual, pilih makanan ringan dan mudah dicerna ya. Sobat juga bisa makan jeruk atau permen peppermint untuk membantu mengurangi sensasi mual. 

5. Cegah Dehidrasi

Ketika berada di pesawat, pastikan tubuh sobat tetap terhidrasi dengan baik. Tubuh yang kekurangan cairan akan memperburuk sensasi mabuk saat penerbangan. Minum air putih dalam jumlah yang cukup sepanjang perjalanan. Selain itu, hindari minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi, seperti minuman beralkohol dan kafein. 

6. Melatih Pernafasan

Jika sobat mulai merasa mual, melakukan teknik pernafasan dapat membantu kamu untuk mengurangi sensasinya. Selama penerbangan cobalah untuk bernafas perlahan dan dalam, tarik napas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut, secara teratur. 

7. Konsultasikan dengan Dokter atau Apoteker

Jika sobat memiliki riwayat mabuk perjalanan yang parah atau riwayat sakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan. Mereka akan memberikan obat-obatan atau saran terbaik untuk membantu sobat mencegah mabuk saat naik pesawat. 

8. Jangan Berpikir Terlalu Banyak

Terakhir, tetaplah tenang dan jangan berpikir terlalu banyak. Jangan terlalu khawatir dan cemas yang bisa mempengaruhi perjalanan sobat. Ingatlah bahwa mabuk pesawat hanyalah sementara dan akan mereda seiring waktu. 

Nah itulah 8 tips anti mabuk saat naik pesawat. Intinya, tetap tenang dan buat diri kamu nyaman selama perjalanan. Dengan saran-saran di atas semoga bermanfaat buat kamu dan bikin perjalanan menjadi menyenangkan.***


0 Comments:

Posting Komentar