10 Cara Mahir Skill Reading Bahasa Inggris Hanya Dalam Satu Bulan

Cara Mahir Membaca Dalam Bahasa Inggris
Cara Mahir reading Bahasa Inggris/ Pixabay: libellule789

Pesawat Kertas- Kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris (Reading) tidak kalah penting untuk dipelajari. Pasalnya, dengan kemampuan membaca yang baik akan menambah pengetahuan serta pemahaman yang lebih luas. Seperti yang kita tahu, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Jadi, banyak sumber belajar berbahasa Inggris. 

Lalu, bisa nggak ya meningkatkan kemampuan reading Bahasa Inggris hanya dalam satu bulan? Jawabannya bisa, asal kamu selalu konsisten dalam berlatih. Nah, tim Pesawat Kertas akan berbagai 10 cara jitu agar sobat bisa mahir reading Bahasa Inggris dalam satu bulan saja, lho. Yuk simak artikel berikut sampai selesai, ya. 

10 Cara meningkatkan skill reading Bahasa Inggris

        1. Mulailah Membaca Bacaan Sesuai Kemampuan Kamu

Langkah awal untuk belajar reading Bahasa Inggris adalah memilih bacaan sesuai dengan tingkat kemampuan kamu. Sobat bisa memulai dengan membaca buku anak-anak, cerita pendek, atau jenis bacaan artikel dengan tingkat kesulitan rendah. Seiring waktu, kamu bisa menaikkan tingkat kesulitannya ya, Sob. 


        2. Membaca Setiap Hari

Kunci keberhasilan untuk mahir reading Bahasa Inggris adalah konsistensi. Sobat perlu membuat jadwal khusus setiap harinya untuk membaca bacaan dalam Bahasa Inggris. Tak perlu waktu banyak, cukup 15-30 menit setiap harinya. Hal ini akan membuat sobat jadi terbiasa dengan kosakata dan struktur kalimat dalam Bahasa Inggris.  


        3. Fokus pada Pemahaman Umum

Hal terpenting dari kemampuan reading adalah paham maksud dan tujuan dari sebuah teks. Jadi, saat sobat sedang membaca, jangan terlalu fokus pada kata-kata yang tidak diketahui artinya. Lebih baik kamu fokus pada ide pokok, informasi utama, serta alur keseluruhan pada teks yang kamu baca. 


        4. Perbanyak Kosakata

Dalam melatih kemampuan reading, kamu perlu memperbanyak kosakata ya, Sob. Kamu bisa mencatat kata-kata yang tidak kamu ketahui artinya dalam teks. Kemudian buat daftarnya dan cari artinya di kamus. Seiring waktu, kosakata kamu akan semakin luas dan memudahkan sobat untuk meningkatkan kemampuan membaca serta memahami suatu teks dalam Bahasa Inggris. 


        5. Gunakan Teknik Skimming dan Scanning

Ada lho dua cara membaca teks Bahasa Inggris dengan efisien, yakni dengan teknik skimming dan scanning. Nah, teknik skimming adalah membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah teks, seperti judul, subjudul, dan paragraf pembuka. Sementara itu, teknik scanning ialah melihat teks secara cepat untuk menemukan informasi khusus yang sedang sobat cari.


        6. Memperbanyak Jenis Bacaan

Untuk meningkatkan kemampuan reading Bahasa Inggris, kamu perlu memperbanyak jenis bacaan. Misalnya seperti artikel berita, cerita pendek, buku non-fiksi, atau blog. Dengan membaca berbagai jenis bacaan, akan membantu sobat mengenal gaya penulisan yang beragam serta memperkaya pengetahuan kamu.


        7. Gunakan Kamus dan Alat Bantu Online

Ketika membaca suatu teks, kamu bisa memanfaatkan kamus online untuk membantu mencari arti yang tidak kamu ketahui. Selain itu sobat juga bisa menggunakan website seperti translator atau thesaurus untuk membantu kamu memahami dan memperluas kosakata. 


        8. Diskusikan Dengan Teman

Ketika sobat ingin meningkatkan kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti komunitas online atau membuat kelompok belajar. Dengan hal ini, kamu bisa berdiskusi dan berbagi ide dengan mereka setelah menyelesaikan bacaan. Saling berbagi pemahaman dan perspektif akan membantu sobat untuk memperdalam pemahaman dan melatih kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.


        9. Gunakan Buku Latihan dan Sumber Belajar Online

Ada berbagai jenis sumber belajar online yang bisa sobat manfaatkan untuk meningkatkan skill reading Bahasa Inggris. Umumnya, sumber online ini berisi tentang soal-soal sekaligus menyediakan kunci jawabannya. Nah, hal ini bisa dicoba untuk menguji kemajuan kamu dalam kemampuan reading Bahasa Inggris ya, Sob. 


        10. Tetaplah Bersemangat dan Nikmati Prosesnya

Terakhir, sobat harus selalu semangat dan nikmati proses dalam belajar, ya. Jika menemukan kesulitan, kamu bisa meminta bantuan dari orang lain. Jangan menyerah dan ingatlah bahwa belajar skill reading Bahasa Inggris adalah perjalanan yang berkelanjutan.


Nah, itulah 10 cara mahir reading Bahasa Inggris dalam satu bulan. Ingat, ya sob, harus berlatih membaca bacaan secara rutin, mengembangkan kosakata, dan menikmati setiap teks yang kamu baca. Meski menantang karena butuh konsisten dan kerja keras, nantinya sobat akan menuai hasilnya. Semoga bermanfaat.***


0 Comments:

Posting Komentar