10 Ide Lomba 17 Agustus Kreatif Untuk Anak Sekolah Dasar (SD)

Ide Lomba 17 Agustus
Ide Lomba 17 Agustus/ Pixabay: dendraive

Pesawat Kertas- Ada berbagai ide kreatif lomba acara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk anak-anak di sekolah dasar (SD). 

Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi Negara Indonesia. Pada bulan ini, Indonesia akhirnya berhasil meraih kemerdekaan setelah masa penjajahan. 


Ada berbagai cara untuk merayakan 17 Agustus, mulai dari upacara bendera hingga berbagai acara perlombaan.


Nah, buat kamu yang sedang mencari ide perlombaan acara 17 Agustus, simak artikel berikut ini, ya.


Berikut kumpulan ide perlombaan 17 Agustus yang bisa diadakan untuk anak-anak SD. 


  1. Lomba Mewarnai Bendera Indonesia

Pada perlombaan ini anak-anak akan diminta untuk mewarnai bendera Indonesia. Berikan gambar bendera dengan warna kosong dan mereka harus mewarnai dengan rapi. Pilih karya yang kreatif untuk dijadikan pemenang. 


  1. Lomba Membuat Gambar Poster Tema 17 Agustus

Lomba ini dapat menunjukkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan anak-anak dalam menggambar dan membuat poster. Berikan kertas kosong, kemudian biarkan mereka menggambar poster dengan tema 17 Agustus. Tentu saja, poster yang paling kreatif yang menjadi pemenang.


  1. Lomba Pakaian Adat Daerah

Anak-anak dapat memakai kostum pakaian adat yang mereka suka untuk bisa berpartisipasi dalam lomba. Tak hanya berdandan, mereka juga harus mampu mempresentasikan jenis pakaian adat yang dipakai di depan teman-temannya. Nah, kamu bisa memilih berdasarkan kostum dan penjelasan dari para peserta. 


  1. Lomba Fashion Show Batik

Pada perlombaan ini, ajak anak-anak untuk tampil fashion show dengan menggunakan pakaian batik tradisional. Mereka dapat menunjukkan kreativitasnya dalam memadukan kostumnya dengan berbagai aksesoris.


  1. Lomba Menyanyi Lagu Nasional

Dalam perlombaan ini, kamu bisa memberikan daftar lagu-lagu nasional. Kemudian biarkan mereka memilih lagu yang akan dinyanyikan di atas panggung. Kamu bisa melakukan penilaian berdasarkan kualitas vokal, ekspresi, dan keberanian mereka tampil di depan orang banyak.


  1. Lomba Tari Tradisional

Lomba tari tradisional akan mengajak anak-anak untuk belajar dan menampilkan jenis tarian tradisional di depan teman-temannya. Kamu bisa membebaskan mereka untuk memilih jenis tarian tradisional. Pilih pemenang berdasarkan keakuratan gerakan, koordinasi, dan semangat ketika anak-anak sedang menari.


  1. Lomba Membuat Karya Seni Daur Ulang

Lomba membuat karya dari daur ulang bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan keterampilan anak-anak. Kamu bisa meminta mereka untuk membuat karya seni dari bahan daur ulang, seperti seperti botol plastik, kertas bekas, dan kardus. Kreativitas, kerapihan, dan penggunaan bahan daur ulang dapat menjadi kriteria dalam menentukan pemenang.


  1. Lomba Makan Kerupuk

Jenis lomba makan kerupuk mungkin sudah umum dilaksanakan ketika acara 17 Agustus. Lomba makan kerupuk akan menguji kecepatan anak-anak dalam memakan kerupuk. Kamu bisa memberikan kerupuk yang digantung dengan tali. Kemudian siapa yang paling cepat menghabiskannya dialah pemenangnya. 


  1. Estafet Tuang Tepung

Lomba estafet tepung akan menguji kekompakan dari sebuah kelompok. Pada perlombaan ini setiap tim harus baris ke belakang dengan membawa wadah di atas kepala. Bagi yang paling depan harus memberikan tepung pada peserta belakangnya tanpa menoleh. Sedangkan peserta paling belakang akan mengumpulkan jumlah tepung. Tim yang paling banyak mengumpulkan dialah pemenangnya.


  1. Estafet Tuang Air 

Tak jauh berbeda dengan perlombaan estafet tepung, pada estafet air bahan yang digunakan adalah air. Anak-anak pasti senang dengan perlombaan ini, karena mereka sekalian basah-basahan bermain air. Jadi, sebelum perlombaan, pastikan para siswa membawa baju ganti, ya. 


Nah, itulah beberapa ide perlombaan kreatif dalam merayakan acara Agustusan untuk anak-anak di sekolah dasar. Semoga bermanfaat.***



0 Comments:

Posting Komentar