10 Tips Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula, Jago Dalam Sebulan!

Tips Belajar Listening Bahasa Inggris
Tips Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula/ Pixabay: PublicDomainPictures

Pesawat Kertas- Listening atau kemampuan mendengar dalam bahasa inggris menjadi momok yang sering ditakuti dalam ujian. Bahkan, tak sedikit yang gagal dalam ujian jenis soal ini. Tak hanya itu, di sekolah banyak siswa yang mengeluh kesulitan dalam mengerjkan soal listening.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan para siswa gagal dalam ujian listening. Seperti kurang konsentrasi ketika mendengar, kurang memahami aksen Inggris, mengartikan per-kata, kurang kaya kosakata Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. 


Nah, buat sobat yang bingung bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan listening Bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti tips berikut ini, ya.


  1. Dengarkan Dengan Teliti

Ketika berlatih listening Bahasa Inggris, sobat perlu teliti dan berkonsentrasi. Kamu harus fokus pada suara, intonasi, serta artikulasi kata-kata. Sobat juga perlu memahami konteks apa yang sedang dibicarakan. Nah, hilangkan segala hal yang mendistraksi pikiran kamu, ya. 


  1. Mulai Berlatih Sesuai Kemampuan

Buat yang sobat yang baru mulai belajar, sebaiknya berlatih sesuai dengan tingkat kemampuan agar tidak kesulitan. Kamu bisa mendengarkan audio atau podcast yang sesuai dengan kemampuan. Nah, berlatihlah setiap hari dan naikkan tingkat kesulitannya. 


  1. Dengarkan Berbagai Materi

Agar sobat lebih jago dalam listening Bahasa Inggris, kamu bisa mendengarkan berbagai materi. Mulai dari rekaman percakapan sehari-hari, berita, wawancara, lagu, atau podcast dengan topik yang sobat sukai. Hal ini akan bermanfaat untuk membantu sobat terbiasa dengan berbagai aksen, kecepatan, dan gaya berbicara yang berbeda.


  1. Manfaatkan Sumber Belajar Online 

Buat sobat yang masih bingung ingin belajar dari mana, kamu bisa memanfaatkan sumber belajar online yang menyediakan materi audio khusus untuk pembelajar. Seperti situs BBC Learning English, Voice of America, dan EnglishClub. Pada situs tersebut, juga menyediakan audio dengan tingkat kesulitan yang berbeda dan topik yang bervariasi, lho. 


  1. Manfaatkan Fitur Subtitle atau Transkrip

Saat sobat berlatih listening Bahasa Inggris, kamu bisa memanfaatkan fitur subtitle atau transkrip ketika mendengarkan audionya. Hal ini akan membantu sobat untuk memahami frasa yang tidak familiar. Simaklah audio sekaligus transkrip nya untuk membantu memahami konteksnya. 


  1. Praktikkan Mendengarkan Setiap Hari

Dalam belajar listening Bahasa Inggris, kunci paling utama adalah konsisten dalam berlatih. Sobat bisa membuat jadwal setiap hari khusus untuk mendengarkan audio dalam Bahasa Inggris. Untuk permulaan, sobat bisa menghabiskan waktu sekitar 15-30 menit dan seiring waktu tingkatkan durasinya, ya. 


  1. Melatih Konsentrasi

Salah satu hal yang membuat gagal dalam ujian listening Bahasa Inggris adalah kurang berkonsentrasi ketika mendengarkan audionya. Jadi, mulailah berlatih konsentrasi untuk fokus pada suara dan memahami informasi yang sedang didengarkan. Sobat bisa mengurangi gangguan di sekitar, seperti mematikan TV atau menutup pintu. 


  1. Ulangi dan Tiru Suara Audio yang Didengar

Ketika mendengarkan audio, sobat bisa sekaligus menirukan suara yang didengar. Kamu bisa memanfaatkan fitur subtittle atau transkrip, ya. Latih kemampuan kamu dalam mengucapkan suatu kosakata serta intonasinya. Wah, jadi selain berlatih listening kamu bisa sekaligus belajar speaking atau berbicara dalam Bahasa Inggris, ya.  


  1. Gunakan Teknologi dan Aplikasi Pendukung

Zaman sekarang, ada banyak lho aplikasi dan teknologi pendukung dalam belajar listening Bahasa Inggris. Sobat bisa memanfaatkannya ya, misalnya aplikasi seperti FluentU, Memrise, dan ELSA Speak. Aplikasi-aplikasi ini bahkan menyediakan fitur interaktif dengan memberi umpan balik untuk meningkatkan kemampuan belajar kamu, Sob. 


  1. Praktekkan dengan Teman Belajar Berbahasa Inggris

Terakhir, sobat bisa berlatih berbicara untuk meningkatkan skill listening dengan teman belajar Bahasa Inggris yang lebih fasih. Hal ini menjadi cara paling efektif untuk membuat sobat semakin mahir, lho. Yuki, temui teman belajarmu dan ajak untuk berkomunikasi secara aktif. 


Nah, itulah 10 tips untuk membantu sobat belajar listening Bahasa Inggris meski masih pemula. Untuk meningkatkan skill ini, memang membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Berlatihlah secara teratur, eksplorasi berbagai materi audio, dan jangan takut untuk mencoba tantangan baru.***


0 Comments:

Posting Komentar